Pengertian Soup

Pengertian Soup
Kata Soup berasal dari bahasa Perancis yaitu Soupe yang berarti bermacam-macam bahan makanan yang ditambahkan kaldu atau cairan.
Soup merupakan makanan cair yang terbuat dari kaldu ( stock ) daging, ayam, ikan dan ditambahkan bahan-bahan pengaroma, bumbu-bumbu dan isian. Soup dapat berdiri sebagai hidangan yang dikaitkan dengan giliran hidangan atau sebagai Appetizer dan dapat menjadi hidangan yang berdiri sendiri atau sebagai Main Course

Fungsi Soup:
Pada hidangan Kontinental soup mempunyai fungsi yaitu:
1. Pembangkit selera makan
2. Penambah nilai gizi
3. Penetral rasa pada lidah
4. Sebagai hidangan pembuka
5. Sebagai makanan utama, atau sebagai hidangan yang berdiri sendiri sebagai soup

Aturan Umum Dalam Membuat Soup:
1. Pakailah kaldu yang kuat rasanya. Baik atau enak tidaknya soup tergantung pada mutu kaldu yang dipakai.
2. Kaldu harus bebas dari lemak.
3. Masak semua sayuran dengan sempurna, agar didapatkan rasa yang lebih baik.
4. Tambahkan bumbu-bumbu pada saat terakhir untuk mendapatkan rasa yang maksimum. Beri rasa secukupnya jangan berlebihan.
5. Apabila tepung akan ditambahkan pada saat sayuran baru dipanaskan, hendaknya tepung ikut dimasak selama 5 menit atau lebih agar soup tidak berasa tepung mentah.
6. Apabila cream akan ditambahkan, campurkan cream tersbut dengan sedikit soup kemudian dimasukkan, padamkan api agar cream tidak pecah.

Aturan Umum Dalam Penyajian Soup:
1. Suhu Penyajian Soup
     Soup dapat disajikan panas dan dingin. Soup panas disajikan pada suhu antara 70-80 derajat Celcius,  sedangkan untuk soup dingin dpada suhu antara 5-7 derajat Celcius.
     Apabila menyajikan soup panas dalam jumlah banyak maka alat penghidang harus dilengkapi dengan menggunakan pemanas, begitu pula apabila menyajikan soup dingin maka alat hidang yang digunakan juga harus chilled terlebih dahulu.
2. Porsi Penyajian Soup
     Penyajian soup sebagai appetizer dengan porsi 2-2½ dl . Sedangkan untuk Main Course dengan porsi 3-3½ dl.
3. Garnish Soup
     a. Garnish yang ada dalam soup atau garnish yang digunakan sebagai bahan isi. Misalnya; sayuran, daging, ayam, udang, biji-bijian, produk pasta.
     b. Garnish yang ditaburkan di atas soup atau sebagai  topping. Misalnya: chopped parsley, keju parut, cream, crouton, paprika powder.
     c. Garnish yang berupa pelengkap atau disajikan sebagai penyerta (accompaniment). Misalnya: crackers, corn chip, wafer, french bread.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS SOUP

Sauce Pada Hidangan Kontinental